He Loves Me, He Loves Me Not

Sinopsis Film

He Loves Me He Loves Me Not (French: À la folie… pas du tout) adalah sebuah film Prancis produksi tahun 2002. Film yang dibintangi oleh Audrey Tautou (pemeran Sophie Neveu dalam film The Da Vinci Code) ini bercerita tentang seorang wanita yang menderita erotomania. Wanita ini jatuh cinta dan terobsesi kepada seorang pria dalam kadar yang sungguh berlebihan. Padahal si pria tidak mengenalnya sama sekali. Almost completely stranger.

Audret Tautou

Singkat cerita, karena cita gila ini, si wanita nekat berbuat apa saja. Bahkan si wanita rela membunuh demi membantu si pria keluar dari masalahnya. Ah, pokoknya cinta gila gitu deh. Pada akhir film, si wanita ini ditangkap dan dimasukkan ke dalam rumah sakit jiwa. Cintanya tak pernah berbalas.

***

Erotomania

Sumber: blog Panji FT’06 (dengan beberapa perubahan)

Erotomania adalah sejenis khayalan dimana orang yang bersangkutan percaya bahwa orang lain, biasanya orang asing atau orang terkenal, jatuh cinta kepadanya. Sindrom ini pertama kali ditelaah oleh psikiater asal Prancis yang bernama Gaetan Gatian Clerambault. Ia menyusun sebuah makalah yang membahas tentang gangguan kepribadian semacam ini pada tahun 1921. Dalam dunia psikiatri sendiri, referensi sejenis ini telah ada pertama kali dalam tahun 1623 dalam sebuah risalah berjudul Maladie d’amour ou melancolie erotique yang ditulis oleh Jacques Ferrand, dan juga disebut sebagai “old maid’s psychosis”, “erotic mania” dan “erotic self-referent delusions”, hingga ke masa sekarang disebut sebagai bentuk dari Erotomania atau de Clerambault’s Syndrome.

Inti utama dari bentuk sindrom ini adalah si penderita memiliki suatu khayalan atau delusi keyakinan bahwa ada orang lain, yang biasanya memiliki status sosial yang lebih tinggi, secara sembunyi-sembunyi memendam perasaan cinta kepadanya. Para penderita selalu yakin bahwa subjek dari delusi mereka secara rahasia menyatakan cinta mereka dengan isyarat halus seperti bahasa tubuh, pengaturan perabot rumah, atau dengan cara lainnya. Jika yang menjadi sasaran adalah seorang public figure, maka akan diartikan secara salah oleh penderita terhadap sesuatu yang tertulis dalam media massa tentang orang tersebut. Sering kali orang yang menjadi objek dalam delusi, hanya memiliki sedikit sekali hubungan atau bahkan tidak berhubungan sama sekali dengan sang penderita. Walau demikian sang penderita tetap percaya bahwa sang objek-lah yang memulai semua hubungan khayal itu. Delusi Erotomania sering ditemukan dalam sebuah gejala awal dari sebuah gangguan delusional atau dalam konteks Skizofrenia.

Terkadang subjek yang berada dalam delusi tidaklah pernah ada dalam dunia nyata. Namun yang lebih sering terjadi, subjek adalah publik figur seperti penyanyi terkenal, aktor, aktris, politikus, selebritis dll. Erotomania juga disebut-sebut sebagai suatu penyebab perilaku stalking, yaitu suatu bentuk perilaku memperhatikan orang lain tanpa sepengetahuan orang yang diperhatikan, lalu perlahan melakukan suatu upaya pendekatan yang bersifat mengganggu, biasanya dengan obsesi bahwa korban adalah orang yang perlu ditolong atau bahkan dimusnahkan. Selain itu Erotomania juga disebut sebagai penyebab dari bentuk suatu tindakan yang mengganggu orang lain.

Percobaan pembunuhan terhadap Mantan Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan oleh John Hinckley, Jr. dilaporkan telah diakibatkan oleh erotomania yang diderita Hinckley, yang merasa bahwa artis Jodie Foster akan membeberkan kepada publik bahwa ia cinta kepadanya setelah ia membunuh sang presiden. Hinckley sendiri terbebas dari jeratan hukum karena didiagnosa memiliki gangguan jiwa (skizofrenia).

Erotomaniac cenderung yang dimulai dengan hal-hal yang sederhana, seperti ungkapan kasih sayang yang halus kepada sasarannya kemudian sampai hal-hal di luar kendali dan dapat menyebabkan ekspresi kemarahan , frustasi dan kekerasan ketika ditinggal pergi atau diabaikan dan korban terus menegaskan kurangnya minat. Anehnya seorang penderita erotomania tidak bisa sama sekali untuk melihat korban (orang yang dirasa menyukainya) tidak menyukainya.

Penyembuhannya dapat dilakukan dengan cara, menegaskan bahwa orang yang dianggap menyukainya tidak tertarik untuk melanjutkan hubungan dengan yang menderita, lalu dilakukan terapi, alam konteks skizofrenia dan dapat diobati dengan antipsikotik atipikal.

***

Pernahkah Anda menemukan orang semacam ini? Saya pernah. Erotomania. Ah bukan. Cinta gila. Saya lebih suka menyebutnya begitu.

Lirik lagu
Cinta Gila (dipopulerkan oleh Ungu)

Tahukah kau apa yang kau lakukan itu
Tahukah kau siksa diriku
Bertahun ku nantikan jawaban dirimu
Bertahun-tahun ku menunggu

Kau sangka aku akan menyerah
Kau sangka aku akan pasrah
Dirimu tak pedulikan aku
Walau cinta hanya untukmu
Walau kasih hanya untukmu
Walau sayang hanya untukmu
Untukmu.. untukmu.. untukmu..

Kau.. mimpi-mimpiku
Cinta gilaku, hanya padamu
Hanya kau, belahan jiwa
Cinta membara, tiada tara

17 responses to “He Loves Me, He Loves Me Not

  1. nice2..waktu saya nulis dulu, belum ada lagunya ungu ini..hahaha…

    wow templet kita sama ya da..:)

  2. memang menyenangkan kalo ada orang yang cinta sama kita tapi kalau orangnya seperti cewek dalam tokoh film ini mendingan gak usah hiiiiii……

  3. Selamat siang. Apakah saya boleh minta link untuk mendownload film ini. Saya ingin menjadikan film ini untuk objek penelitian skripsi saya kak. Trimakasih banyak.

Leave a comment